Belajar Cara Menggunakan Flowgorithm

Aplikasi yang saya maksud disini adalah flowgorithm. Tentunya dengan aplikasi ini kita bisa merancang program dengan flowchart dan menuangkannya ke dalam gambar alur diagram. Bahkan di tiap bagan pun kita bisa memasukkan tipe- tipe apa saja di tiap urutan proses seperti integers, string, dan lain lain.
Langsung saja untuk mendapatkan program ini kita bisa download di halaman resmi : http://www.flowgorithm.org/ dan plih menu download.

Setelah kita mengekstrak file, setup instalasi bisa kita jalankan dan pilih direktori sesuai yang anda inginkan. Kita lanjut untuk percobaan mempuat flowchart diagram, defaultnya tampilan flowgorithm sudah tersedia alur proses main dan end dimana proses program yaitu diawali star dan diakhiri dengan proses tampilan atau keluaran dari hasil proses program yang kita buat.


Langsung saja kita akan membuat untuk membuat nilai kuadrat suatu variable dengan rumus Y = X².
· klik pada tanda panah dibawah main untuk membuat suatu alur, kita pilih declare dan beri nama variable X.
· gunakan cara yang sama untuk membuat variable Y, gunakan tipe Integers karena kita akan menggunakan angka untuk menampilkan hasilnya.
· Klik lagi panah bawah dibawah declare yang kita buat dan bikin alur input dengan nama variable X. alur ini untuk mendapatkan nilai X sesuai bilangan yang sudah dimasukkan di program.
· Selanjutnya klik panah bawah dan buat assign variable Y untuk membuat satu rumus bahwa Y = X² di kolom expression.
· Lanjut klik panah bawah lagi dan pilh alur output untuk menampilkan hasil Y.
· lalu coba klik run dan anda akan mendapatkan hasil kuadrat dari nilai yang kita input.
Cek gambar dibawah ini untuk contoh flowchartnya dan hasil ketika dijalankan.
Anda bisa menyimpan juga algoritma dan flowchart yang sudah dibuat agar kedepan bisa kita perbaiki atau dikembangkan lagi. Sekarang mari kita coba pengaplikasiannya ke dalam program python. Dengan membuat script seperti dibawah ini kemudian kita panggil di shell prompt python kita.

Previous
Next Post »